…berbagi cerita untuk semua

MY BIOGRAPHY (Part 1)

leave a comment »


Aku dilahirkan di sebuah kota yang biasa disebut kota bertuah, Pekanbaru. Tepatnya tanggal 29 juni 1978. Papa dan mama adalah pegawai negeri. Papa bertugas di dinas Perkebunan, sementara mama bertugas di dinas kesehatan. Aku anak kedua dari tiga bersaudara. Semuanya laki-laki. Abangku hanya 2 tahun lebih tua dariku. Sementara aku dan adikku selisih 5 tahun. Baru saja 3 bulan aku menghirup udara di bumi ini, aku ikut kedua orang tuaku pindah ke Tanjung Pinang. Di kota ini kami tinggal selama 8 tahun. Adikku sendiri dilahirkan di kota ini.
Aku mulai menapaki jenjang pendidikan di TK Bhayangkari Tanjung Pinang. Hanya setahun aku menikmati suasana ceria taman kanak-kanak. Umur 6 tahun, aku sudah masuk ke sekolah dasar. Aku sekolah di SD 005, yang terletak di jalan Bali Tanjung Pinang. Disini aku hanya bersekolah sampai kelas 3. Naik kelas 4 aku kembali ke Pekanbaru karena Papa ditugaskan kembali ke kota ini.
Tak banyak yang aku ingat tentang Tanjung Pinang karena semenjak pindah kembali ke Pekanbaru, aku tidak pernah lagi menginjakkan kaki di kota yang dulu menjadi ibukota kabupaten Kepulauan Riau itu. Aku hanya bisa mengingat beberapa nama teman sekolahku, seperti Joni yang jari kakinya ada 11, Joko yang suka menggambar dan nyanyi “Kelinciku”, serta teman akrabku yang juga teman akrab abangku, yaitu Ahui dan abangnya yang bernama Acua. Oya, aku juga punya seorang teman lagi bernama Rahim. Terakhir aku dapat kabar kalau Ia sudah meninggal karena tenggelam dalam penyebrangan ke Pulau Penyengat. Hanya itu teman-temanku yang bisa kuingat. Ada beberapa wajah lagi dalam album foto kecilku, tapi aku tak bisa mengingat nama mereka satu persatu. Sementara, nama dan wajah guruku tak satupun yang aku ingat. Nanti aku akan cerita kenapa aku bisa kehilangan sebagian ingatan masa kecilku. Selain nama temanku, aku juga masih ingat beberapa nama tempat yang ada di Tanjung Pinang, seperti Kaca Puri, Tugu Pensil dan tugu gonggong yang terletak di tepi laut, Pantai Impian dan pantai trikora, serta beberapa daerah yang pernah kukunjungi bersama keluargaku seperti Toapaya, dan tanjung Uban. Aku yakin tempat-tempat itu pasti sudah jauh berubah semenjak aku tinggalkan. Apalagi sekarang daerah-daerah itu sudah membentuk propinsi sendiri.

…Bersambung

Written by bang fiko

Juli 22, 2007 pada 11:29 am

Ditulis dalam PERSONAL

Tinggalkan Balasan

