…berbagi cerita untuk semua

SINETRON RAMADHAN

leave a comment »

Kalau kita menyaksikan layar kaca saat sekarang, kita akan disuguhkan dengan tayangan Sinetron Ramadhan. Lho kok bisa??? Kan Ramadhannya masih lama. Kalau nggak salah minggu kedua September. Tapi kenapa Sinetron Ramadhan sudah mulai muncul? Nah itu dia pertanyaan yang mesti dicari jawabannya. Kalau kita melihat perkembangan ‘dunia sinetron’ saat ini, tentunya kita sudah dapat menjawabnya. Setiap judul sinetron -yang bahkan ditayangkan setiap hari- bisa mencapai ratusan episode. Makanya wajar kalau Sinetron Ramadhan sekarang sudah mulai ditayangkan. Bahkan bisa jadi sampai lebaran lewat pun, Sinetron itu masih tayang.
Melihat perkembangan Sinetron Ramadahan dari tahun ketahun, rasanya saya tidak pernah menemukan hikmah dibalik penayangannya. Jam tayangnya sendiri biasanya diletakkan pada saat-saat ‘sakral’ Bulan Ramadhan itu sendiri, seperti menjelang berbuka atau malam hari yang notabene seharusnya dimanfaatkan untuk tarawih dan tadarus. Disamping itu, cerita yang disajikan juga itu-itu saja yang tidak jelas kemana arahnya. Paling bisa ditebak kalau arahnya hanya percintaan remaja yang dibumbui dengan kegiatan-kegiatan rohani dari karakter-karakter yang menjadi tokoh cerita. Dan tema itu sudah ribuan kali kita dengar dari ustad atau guru agama di sekolah. Intinya cuma bagaimana berpacaran secara Islami.
Jadi kesimpulannya sebenarnya bahwa kehadiran Sinetron Ramadhan hanya latah dari bulan Ramadhan. Ibaratnya Ramadhan Orang… Ramadhan pula Sinetron…

Written by bang fiko

Juli 24, 2007 pada 2:21 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: