…berbagi cerita untuk semua

5th RIAU HITAM PUTIH INTERNATIONAL 2007 (bagian pertama)

with one comment


Pagelaran musik internasional kembali digelar di Pekanbaru. Setelah beberapa waktu lalu digelar Malacca Strait Jazz Festival 2007, kali ini adalah acara yang sudah menjadi acara rutin tahunan di Pekanbaru yaitu Riau Hitam Putih International.
Memasuki tahun kelima, kali ini Malay Musik Institute (MMI) sebagai penggagas acara ini bersama Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Riau, kembali menghadirkan musisi-musisi dari berbagai daerah mulai dari kabupaten/kota yang ada di Riau, Propinsi-propinsi lain di Indonesia, dan tentunya musisi dari mancanegara. Acara ini sendiri akan digelar selama 3 hari, mulai tanggal 26-28 Juli 2007, di Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) Pekanbaru.

Selain menampilkan pagelaran musik dari para musisi yang diundang, pada even ini juga diadakan workshop musik untuk generasi muda dan seminar tentang perkembangan musik. Pada kesempatan kali ini yang memberikan pelatihan musik diantaranya Rino dezapaty (Musisi dan Arranger, pemimpin Riau Rythm Chambers) dan Gilang Ramadhan (Drumer).

Pada malam pertama pagelaran (tadi malam), dibuka oleh penampilan dari kelompok musik Tanjung yang berasal dari Kabupaten Bengkalis-Riau. Menghadirkan dua komposisi yang kental dengan nuansa melayu, Tanjung mencoba mengumpulkan bakat-bakat muda untuk bergabung dalam kelompoknya. Setelah itu, berturut-turut tampil Tim Kesenian Bengkulu dengan atraksi perkusinya yang memukau, Classic Gong dari Kabupaten Kampar-Riau dan Kedidi dari Pekanbaru. Dan malam pertama ini, pagelaran musiknya ditutup dengan penampilan grup band Mata dari Pekanbaru yang coba mengkolaborasikan musik Melayu dengan berbagai aliran musik seperti Pop, Jazz, samba, dan lain-lain. Acara ini dipandu oleh dua orang MC dari salah satu stasiun radio swasta Pekanbaru dan juga menghadirkan seorang kurator yaitu Ben Pasaribu. Dalam ulasannya, pria yang akrab dipanggil Bang Ben atau Om Ben ini memaparkan tentang pentingnya musik sebagai sarana untuk meningkatkan kecerdasan. Dan tema ini pula yang akan dibahas dalam seminar musik.

Sebagai Even musik yang bergengsi, Riau Hitam Putih International juga merupakan ajang silaturahmi kalangan budayawan dan seniman khususnya seniman musik tanah air. Dan biasanya, dari even ini yang digelar sebelumnya, musisi-musisi yang bertemu diacara ini akan menampilkan kolaborasi “spontan” mereka pada malam terakhir atau malam puncak.
5th Riau Hitam Putih International 2007 diliput oleh TVRI Pekanbaru dan nantinya akan ditayangkan di TVRI Nasional.

Written by bang fiko

Juli 27, 2007 pada 4:25 am

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. he he he irit bahan yah….

    punyakuh menang gambar ajah, isinya seh haw-haw he he he

    totallyblack

    Juli 30, 2007 at 3:12 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: