…berbagi cerita untuk semua

CATATAN PERJALANAN

leave a comment »

Judul Acara : CATATAN PERJALANAN
Format Acara : Petualangan dan Semi Fragmen

Pengantar
Catatan Perjalanan merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh seseorang yang senang melakukan perjalanan jauh, petualangan atau penjelajahan. Keberadaan catatan perjalanan sangat penting, karena dengan catatan tersebut, orang yang membuatnya atau orang lain yang membaca tulisannya akan mendapatkan sebuah pengetahuan penting tentang segala hal menarik dan unik dari sebuah perjalanan yang telah dilakukan, seperti berapa lama perjalanan tersebut, bagaimana kondisi alam dan lingkungan di sekitar objek kunjungan, bahkan sampai kendala-kendala yang dihadapi selama melakukan perjalanan.
Objek kunjungannya adalah tempat-tempat bersejarah yang belum begitu terekspose. Tujuannya untuk lebih memperkenalkan objek tersebut dan memperkaya wawasan masyarakat tentang sejarah.

Sekilas Tentang Acara
Dalam Catatan Perjalanan, sang host (Pria) memerankan seorang tokoh adalah seorang penulis lepas pada sebuah majalah di Jakarta. Hobinya bertualang mengunjungi objek-objek sejarah yang ada di Indonesia ini. Terutama mengunjungi daerah-daerah yang selama ini tidak begitu atau bahkan tidak sama sekali terekspose keberadaannya. Mungkin selama ini kisah sejarah tersebut hanya hadir dalam cerita-cerita rakyat setempat.
Digambarkan sebelum melakukan perjalanan, Ia terlebih dahulu mencari informasi-informasi tentang tempat yang akan dikunjunginya. Informasi tersebut bisa dari teman, internet, buku-buku, atau informasi-informasi lain yang juga secara tak sengaja didapatnya. Setelah mendapat informasi, Ia mulai melakukan perjalanannya, dan tak lupa ia selalu membawa buku catatan perjalanannya.
Acara ini dikemas dalam bentuk semi fragmen, maksudnya selain adegan-adegan yang bersifat acting dari sang tokoh (Host), dalam acara ini juga diadakan wawancara dengan nara sumber-nara sumber setempat yang dikemas dalam bentuk obrolan biasa. Bisa di rumah sang nara sumber, warung kopi, pinggir sungai atau di mana saja (tergantung seting dan tema acara). Kisah sang tokoh (host) ini juga akan dibumbui dengan berbagai nuansa bisa nuansa religi, cinta lokasi, persahabatan, perkelahian, dan apapun yang biasa terjadi dalam kehidupan manusia.

Contoh Skenario (Episode Misteri Muara Takus)
Int: Sebuah kamar (Day)
Seorang pemuda (host) usia pertengahan duapuluhan sedang membuka-buka sebuah situs internet. Saat ini dia sedang memperhatikan sebuah gambar candi yang bernama Muara Takus. Ia kelihatan sangat tertarik dengan gambar dan artikel tersebut. Setelah melihat-lihat brosur tersebut, Ia mengambil Hpnya dan menghubungi sebuah nomor.

Cut to:
Int: Counter check in sebuah maskapai penerbangan, bandara Soekarno Hatta (Day)
Host kita sedang ngantri di counter check in sebuah maskapai penerbangan. Satu orang didepannya. Terlihat tujuan keberangkatannya adalah Pekanbaru. Setelah check in, Host kita menuju ruang tunggu keberangkatan. Sampai sisana Ia mulai membuka buku catatannya dan mulai menulis.

VO Narator:
Hari ini aku memulai perjalananku ke Muara Takus. Seperti yang pernah kudengar sebelumnya, Muara Takus merupakan salah satu situs candi yang didirikan pada masa kerajaan Sriwijaya di tanah Sumatera. Sepertinya masih banyak cerita yang belum terungkap dibalik keberadaan situs ini. Merupakan sebuah misteri bagiku untuk mengetahuinya lebih dalam. Perjalanan pertamaku adalah menuju Pekanbaru, kota terdekat dari situs tersebut yang bisa dicapai dengan pesawat.

Sesaat kemudian terdengar suara dari pengeras suara yang meminta kepada seluruh penumpang pesawat tujuan Pekanbaru agar memasuki pesawat. Host kita langsung bersiap menuju pesawat.

Cut to:
Int: Cabin pesawat (Day)
Penumpang sibuk mencari tempat duduknya masing-masing, dibantu oleh para pramugari. Sebagian ada yang meletakkan bawaannya di tempat penyimpanan barang yang berada diatas tempat duduk. Host kita sedang mencari posisi tempat duduknya sesuai dengan yang tertulis di tiket. Ternyata Dia duduk disebelah seorang gadis cantik. Setelah duduk, keduanya saling berkenalan. Ternyata gadis tersebut adalah mahasiswa UI yang berasal dari Pekanbaru yang tengah liburan dan memutuskan untuk menjenguk keluarganya di Pekanbaru. Keduanya terlibat obrolan seru dan sepertinya mereka berdua cepat akrab.

………………………………….

Penutup
Itulah gambaran tentang konsep program Catatan Perjalanan dan sekilas contoh skenarionya. Bisa dilihat bahwa itu adalah program yang bersifat informatif dengan adanya narasi (penggambaran tentang apa yang ditulis oleh Host kita di buku catatannya). Selain itu juga nanti akan diperkuat dengan wawancara-wawancara dengan nara sumber yang berkompeten (wawancara tersebut disetting seperti obrolan biasa). Sementara untuk menampilkan suasana yang berbeda dengan program sejenis lainnya, Kita hadirkan dialog-dialog dan tokoh-tokoh pembantu (cameo), yang disesuaikan dengan keadaan.

Written by bang fiko

September 30, 2007 pada 3:44 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: