…berbagi cerita untuk semua

DUA GEDUNG BARU DI PEKANBARU, RIAU

with 10 comments

Gedung Sembilan Lantai

Gedung Pemprov Riau ini tingginya 9 lantai. Gedung ini nantinya akan dipergunakan sebagai kantor pelayanan masyarakat dinas/instansi di lingkungan Pemprov Riau. Terletak di jalan Jend. Sudirman, Pekanbaru.

Gambar diambil pagi hari jam 06.30 WIB. Pantulan sinar matahari yang berwarna keemasan membuat gedung ini terlihat semakin megah.

Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Riau

Kalau ini adalah Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Riau. Sebelum di renovasi, gedung ini adalah kantor DPRD Prov. Riau. Karena itu, salah satu bagian dari gedung DPRD tersebut masih tetap dipertahankan dan dijadikan Museum Demokrasi. Di depannya juga di bangun sebuah tugu peringatan sebuah peristiwa penting yang terjadi di gedung DPRD ini.

Gedung ini terletak di sisi sebelah kanan gedung Pemprov Riau.

Gambar diambil jam 06.30 pagi.

Oya, selain kedua gedung tersebut, di Pekanbaru juga masih akan terus dibangun berbagai gedung tinggi dan unik. Diantaranya Hotel dan Apartement ‘The Peak’ (23 lantai), Menara Dang Merdu yang merupakan kantor Bank Riau. Dan lainnya.

Note: Postingan detail gedung dan peristiwa akan aku posting kapan-kapan. hehehe…

Written by bang fiko

Mei 17, 2008 pada 8:01 am

10 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. mohon ijin untuk memuat artikel dan foto ini di kantor maya kdri…🙂

    taufikasmara: silahkan, Pak Menteri… hehehe. Thx atas appresiasinya.

    KDRI

    Mei 17, 2008 at 10:11 pm

  2. salam kenal mas, tinggal di pekanbaru juga?… 🙂

    taufikasmara: Aku tinggal di simpang tiga bro… jalan utama. Kamu dimana?

    fisto

    Mei 18, 2008 at 5:51 am

  3. Wuih, Riau perkembangannya keren juga ya..??
    Sayang saya belum pernah singgah disana, kalau ga cuma hinggap di Lampung, malah keterusan ke Aceh, Medan atau Padang..

    Mau juga dong lihat-lihat sekitar Riau lewat foto-fotonya mas..

    taufikasmara: InsyaAllah kalau ada kesempatan mengambil gambar tentang apa yang ada di Riau, pasti aku posting. BTW udah liat Anjung Seni Idrus Tintin?

    Nada taufik

    Mei 18, 2008 at 9:44 am

  4. keren bgt euyyyyyy

    taufikasmara: Ini juga emang gedung favorit aku, Mas…

    zoel chaniago

    Mei 18, 2008 at 6:48 pm

  5. ada info siapa arsiteknya pak?

    taufikasmara: Waduh… itu dia… udah kucari kemana-mana tapi gak ketemu. Tapi berita lain seputar gedung itu bisa di liat di sini dan disini

    anre

    Mei 18, 2008 at 9:24 pm

  6. gedung yang unix, tapi kok gak nampak ciri khas Riau nya?
    salam kenal

    taufikasmara: Kayaknya emang tidak kelihatan ciri khas Riaunya, Daripada maksain harus berciri khas Riau tapi gak masuk, kan lebih baik begitu. Pastinya ada pertimbangan2 tertentu baik dari pemprov Riau maupun arsiteknya.
    Salam kenal kembali mas

    sufimuda

    Mei 18, 2008 at 11:05 pm

  7. pekanbaru makin keren aja

    taufikasmara: Makanya berat mau ninggalin kota yang udah ngebesarin aku ini bro😉

    fatah75

    Mei 18, 2008 at 11:39 pm

  8. tambah paten se pakanbaru mah Kry. indak manga2 Padang dibueknyo doh

    taufikasmara: Padang tu bueklah kota di ateh bukik. Kok lokasi kini kan dikembangkan mentok ka lauik… kalau indak mentok ka bukik. Buek se diatehnyo. Sabananyo tergantu pemerintah masiang2 tu angku. Kok lai ado niat, insyaAllah jadi tu. Asal tujuannyo elok kan indak baa do diparancak kota tu. SDA Sumbar kan lai gadang ma…

    max

    Mei 26, 2008 at 4:44 pm

  9. masalahnyo.. ambo indak walikota doh😛

    max

    Mei 30, 2008 at 3:58 pm

  10. 6 gedung baru yang bakal meramaikan pencakar langit di Kota Pekanbaru, seperti Menara Lancang Kuning (Gedung 9 lantai), Gedung Perpustakaan Soeman Hs, Menara Dang Merdu Bank Riau-Kepri, terminal baru bandara SSK II, Stadion Utama Riau dan Menara The Peak semuanya merupakan perpaduan arsitektur Melayu Riau yang moderen yang akan dikembangkan menjadi contoh arsitektur Riau di masa yang akan datang tanpa meninggalkan nilai-nilai dan filosofi dari budaya Melayu sendiri . Arsitektur Melayu Riau tidak harus yang konvensional sebuah gedung yang bermotif dan berselembayung. Seperti Menara Lancang Kuning (9 lantai) terinspirasi dari bentuk salah satu fauna khas pedalaman Riau, Gajah, curtain wall dihiasi dengan motif songket Siak, dan di atasnya adalah sebuah taman zamrud. Perpustakaan Soeman Hs arsitekturnya diadopsi dari bentuk rehal Al-Quran (sesuai dengan marwah budaya Melayu yg bernafaskan Islam, Adat bersendi Syara’, Syara’ bersendi Kitabullah), tiang-tiang penyangganya terinspirasi dari tiang2 rumah tradisional Melayu, sudut dinamis terinspirasi dari perabungan selembayung., Bisa kita lihat di relief2 gedung tersebut. Menara Dang Merdu Bank Riau-Kepri terinspirasi dari bentuk Keris, sebuah senjata trasional orang Melayu, toppingnya terinspirasi dari tiga layar terkembang. The Peak pun begitu, apartment 29 lantai ini juga terinspirasi dari bentuk fasar layar lancang kuning. Terminal baru bandara SSK II terinspirasi dari bentuk kepak sayap burung serindit, fauna khas prov. Riau. Arsitektur Stadion Utama Riau pun diadopsi dari rangka Lancang (kapal) Kuning.

    Abie

    Juni 15, 2012 at 8:38 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: