…berbagi cerita untuk semua

PUSTAKA OH PUSTAKA

with 2 comments

Setelah beberapa bulan bekutat di dunia nyata, akhirnya bisa kembali lagi ke dunia maya.. Hehehe..
Tentunya banyak sekali cerita yang ingin kusampaikan di blogosphere ini untuk teman-teman yang mampir di sini. Tapi aku ceritakan yang update dulu deh..
Tanggal 28 Oktober 2008 lalu atau bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-80, Perpustakaan Daerah Provinsi Riau yang terletak di Jl. Jend. Soedirman Pekanbaru diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Riau. Setelah sekian lama melihat bentuk fisik luar dari gedung -yang dirancang seperti sebuah buku dengan posisi terbuka- ini, sekarang masyaakat umum dapat melihat wujud atau interior dalamnya. Ya, ternyata sampai saat kemarin aku dan teman-temanku mengunjungi gedung itu, ternyata belum sepenuhnya juga bisa di pergunakan. Ketika masuk ke dalamnya, kita masih disuguhi dengan rak-rak buku yang belum terisi, beberapa sofa tempat membaca yang masih dilarang untuk diduduki dan dinding-dinding yang pastinya masih mengkilat.
Fasilitas Hotspot yang disediakan disana juga belum bisa digunakan dengan maksimal. Karena, walaupun ada akses, tapi bingung mau duduk dimana untuk menikmati koneksi internetnya. Setelah bertanya-tanya dengan petugas perpustakaan tersebut, barulah di dapat jawaban bahwa ternyata gedung itu masih belum diserah terimakan kepada Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah sebagai pengelolanya. Jadi masyarakat masih harus bersabar lagi menunggu perpustakaan itu ‘berisi’ bagus seperti gedungnya.

PAMERAN BUKU DAN ARSIP KUNO

Untuk menghibur (menarik :red) pengunjung yang datang, di areal gedung diselenggarakan pameran buku dari penerbit-penerbit, dan arsip kuno dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).
Buku-buku yang dipamerkan berasal dari berbagai penerbit. Berbagai judul yang dipamerkan sebagian besar adalah buku-buku pelajaran sekolah, serta buku-buku pengetahuan umum atau buku-buku best seller.

Pameran Naskah Kuno

Selain itu, di Perpustakaan tersebut juga dipamerkan berbagai naskah kuno koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Diantaranya surat yang pernah ditulis oleh Sisinga Mangaraja, Kisah Pak Belalang yang sangat terkenal di tanah Melayu, dan berbagai naskah lainnya. Beberapa naskah tersebut sempat aku foto sekedar untuk pengetahuan kita bersama. Untuk koleksi lengkapnya silahkan mengunjungi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta.


Written by bang fiko

Oktober 31, 2008 pada 8:36 pm

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. gedung yang indah dan membanggakan… jangan cuma tampilan fisiknya aja yg bagus.. isinya juga harus lebih mentereng😀

    taufikasmara : Yaiyyalah… aku juga marah kalau kejadiannya kayak gitu..

    max

    November 2, 2008 at 8:29 pm

  2. Thanks for such a great post, http://starstylefile.wordpress.com/

    webescape

    November 3, 2008 at 7:29 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: