…berbagi cerita untuk semua

EUFORIA OBAMA

with 2 comments

NN_27obama2Nama Barack Obama mendadak ngetop beberapa bulan belakangan ini. Namanya menuat ketika mencalonkan diri sebagai calon pesiden amerika yang ke-44. Sebenarnya andai saja Obama berkulit putih layaknya ‘bule-bule’ Amerika itu mungkin tidak ada yang spesial dari sosoknya. Tapi karena dia adalah seorang kulit hitam, maka dia menjadi spesial dan diperbincangkan di seluruh penjuru dunia. Kini dia mencatat sejarah sebagai presiden amerika pertama yang berasal dari kulit hitam, presiden ke-44. Ia menang mutlak dari pesaingnya dari partai Republik John McCain. Obama sendiri dicalonkan oleh partai Demokrat.
Jauh dari Amerika, di sebuah negeri yang terletak di garis khatulistiwa, secara historis negeri ini tidak mempunyai ikatan apapun termasuk juga ikatan secara emosional. Yang ada bahkan Amerika selalu memancing emosi rakyat negeri itu. Negeri itu adalah Indonesia. Di negeri ini, menyambut kemenangan Obama seperti menyambut kemenangan seorang penyanyi di American Idol. Banyak selebitis baik yang pribumi maupun blasteran terlihat begitu bahagia dengan terpilihnya Obama sebagai presiden amerika. Bukan hanya selebritis, kalangan pejabat dan masyarakatpun banyak juga yang antusias menyikapi kemenangannya. Ini barangkali juga karena pria yang nama lengkapnya Barack Hussein Obama itu adalah ‘Anak Menteng’ karena sempat mencicipi sekolah dasar di daerah Menteng, Jakarta. Atau mungkin karena ibu tirinya orang Indonesia. Kemenangan Obama juga diekspos besar-besaran oleh media di Indonesia, Obama dinilai sebagai sosok yang akan membawa perubahan terhadap cara pandang Amerika terhadap negara-negara dunia ketiga dan Islam. Sebagaimana kita ketahui bahwa antara Amerika dan Negara-negara Islam sering terlibat perselisihan.
Mungkin sah-sah saja ketika hampir seluruh masyarakat dunia menaruh harapan besar terhadap sosok Obama, termasuk Indonesia. Seperti sebuah poster yang dibuat oleh para pendukungnya. Sebuah poster tentang ‘harapan’ dan ‘perubahan’.

Namun ini menjadi sebuah ironi ketika euforia kemenangan seperti itu justru tidak terlihat ketika masyarakat Indonesia memilih langsung pemimpin-pemimpin mereka di daerah melalui Pilkada. Dalam Pilkada Gubernur Riau yang berlangsung bulan september lalu, tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilihnya hanya sekitar 60% lebih. Alasannya, siapapun yang menjadi pemimpin tidak akan berdampak bagi kehidupan masyarakat mereka yang tidak memilih ini. Mereka pada akhirnya tidak peduli dengan hasil penghitungan suara. Namun anehnya ketika negara lain memilih pemimpinnya, masyarakat justru antusias mengikuti perkembangannya. Mereka seperti kenal betul dengan sosok yang sebenarnya baru muncul di dunia Internasional belakangan ini.
Ini mungkin perlu menjadi bahan renungan kita. Apalagi, hanya dalam hitungan bulan, kita sendiri akan memilih kembali pemimpin-pemimpin negeri kita melalui Pemilu dan Pilpres 2009. Apakah nanti kita akan memiliki antusiasme yang sama dengan ketika kita melihat Pilpres di Amerika? Apakah kita akan berharap adanya perubahan yang akan dibawa oleh pemimpin kita yang terpilih nanti seperti kita berharap kepada presiden terpilih amerika? Atau kita tetap pada prinsip yang kita yakini sekarang bahwa ‘siapapun pemimpinnya, minumnya teh …..’

Written by bang fiko

November 7, 2008 pada 8:08 pm

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ayo pilih mas taufik sebagai presiden indonesia tahun 2009.. (loh?!)

    taufikasmara: Itulah non.. sayangnya calon independent belum bisa bertarung nih… Jadi pemilih yangbaik aja deh

    luvie

    November 10, 2008 at 7:19 am

  2. […] EUFORIA OBAMA […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: