…berbagi cerita untuk semua

KETIKA BINATANG MENGASIHANI MANUSIA

with 4 comments

“KASIAN YA MANUSIA….”
Kira-kira itu kalimat pertama yang diucapkan oleh seekor orang utan (tentunya voice by dubber) di sebuah kebun binatang dalam sebuah iklan salah satu operator seluler di Indonesia.
Ternyata memang sudah separah itu nasib kita para manusia, sehingga binatang -yang ditakdirkan memiliki kemampuan akal fikiran di bawah manusia- pun kasihan kepada kita.
Tentunya kita semua sangat menyadari bahwa dari dahulu, manusia yang harus mengasihani binatang, tumbuhan (alam semesta ciptaan Tuhan). Apalagi binatang-binatang atau tumbuhan langka. Tetapi sepertinya hal itu sudah mulai dibalik sekarang. Dan dimulai oleh sebuah iklan operator seluler di Indonesia.
Ntah apa yang ada dalam fikiran copywriter (penulis naskah iklan:red) ini ketika mengajukan konsep iklan tersebut kepada kliennya si pemilik operator seluler tersebut. Atau mungkin justru itu adalah inisiatif dari operator itu sendiri yang ingin dibuatkan iklan dengan konsep seperti itu. Yang jelas, justru saya mengasihani orang yang terlibat dalam pembuatan iklan tersebut karena sepertinya sudah tidak menemukan ide lain yang lebih baik lagi untuk membuat iklan.
Iklan sebagai sebuah sarana yang sangat efektif untuk menanamkan image sebuah produk di masyarakat, seharusnya menampilkan sebuah kreatifitas tinggi yang membuat orang akan tertarik untuk menyaksikannya dan berujung pada terpengaruhnya masyarakat (konsumen) untuk membeli atau menggunakan produk yang diiklankan tersebut.
Bagaimana dengan iklan ini? Saya melihat bahwa justru iklan produk ini akan menjatuhkan image produknya sendiri. Kenapa? karena dengan penggunaan binatang sebagai objek iklannya, secara tidak langsung sang operator mengasihani para pengguna operator selular lainnya yaitu ‘para manusia’. Sementara para pengguna operator itu sendiri adalah ‘para orang utan’ yang mengasihani manusia.
Ehm… apakah anda mau dianggap seperti orang utan? atau anda lebih memilih untuk dikasihani oleh orang utan tetapi anda tetap manusia.

Note:
Mohon maaf untuk para pengguna operator tersebut dari ‘Manusia’

Written by bang fiko

November 19, 2008 pada 4:03 pm

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ha ha khan bayarnya murah…cuma bayar buah dan pisang saja ke talentnya..

    taufikasmara: hehehe.. kalo dari sisi bisnis oke deh.. tapi kalo dari sisi kreatif??? btw mas Iman pake nomor HP itu kah?

    Iman Brotoseno

    November 19, 2008 at 4:59 pm

  2. met tahun baru 2009 ya Pakcik… keren nih blognya…
    kalau ada sumur diladang mampir ke blogku ya….
    salam kompak anak negri bertuah… hehhehe..

    Sang Penyamun

    Desember 31, 2008 at 11:39 pm

  3. […] KETIKA BINATANG MENGASIHANI MANUSIA […]

  4. […] menyedihkan ketika dalam sebuah iklan operator seluler ini, manusia dikasihani oleh binatang. (baca disini) Apakah saling menjatuhkan produk kompetitor sudah merupakan hal yang lazim dalam dunia periklanan? […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: