…berbagi cerita untuk semua

STOP EKSPLOITASI ANAK!

with 32 comments

Tadi pagi nonton Inbox di tipi. Liat ada band baru yang muncul, namanya The Lucky Laki. Band yang terdiri dari 3  orang anak-anak ini sukup membuat aku surprise. Pertama karena mereka mainnya bagus dan lagunya juga enak, yang  kedua mereka ini adalah anak dari musisi yang sebenarnya jenius, tapi jelek dari sisi attitude nya. Siapa lagi kalo bukan Ahmad Dhani. Dan ketiga personil band tersebut adalah Al (gitar, vokal), El (Drum, Vokal) dan Dul (Bass, Vokal).
Tapi tenang aja… Postingan ini bukan infotainment yang akan membahas keberadaan band abaru itu atau gosip kedua orang tuanya (Dhani dan Maia), tapi ada yang menarik yang aku perhatikan dari wawancara sebelum mereka tampil.
Pada waktu itu sebuah pertanyaan diajukan oleh host-nya. Pertanyaannya sebagai berikut:
Host : Dengar-dengar kalian punya obsesi menjadi pemain bola ya? (Gak nyambung kan sama acaranya)
Al : Iya
Host : Jadi sebenarnya ingin jadi musisi atau pemain bola?
Al : Pemain Bola
Host : Yang nyuruh main musik siapa?
Al : Ayah (atau Papa atau Bapak.. lupa aku)
Trus pindah ke Dul
Host : Yang nagajarin main musik siapa?
Dul : Ada yang melatih di studio

Dst… dst…

Setelah itu mereka nyanyi dan memang lagunya enak sih, judulnya “Aku Bukan Superman”. ini lagu Mulan Jameela yang “Aku Bukan Wonderwoman” kali ye. Lirik lagunya menceritakan bahwa laki-laki gak boleh cengeng, karena kalo cengeng berarti lemah. Dan ketiga anak yang merangkap sebagai vokalis bergantian itu juga menyanyikan lirik yang berbunyi ‘maafkan karena kami tidak bisa menjadi seperti yang ayah inginkan’ (aneh ya… yang nyipatin kan ayahnya).

Ok, Back to the topic.

Beberapa waktu lalu kata istriku mereka bertiga juga pernah diwawancarai oleh sebuah program tivi. Pada saat itu ketiga anak ini ditanyain enak gak home schooling? dan jawaban mereka ‘gak enak!’ Karena gak punya teman. Menurut infotainment, ketiga anak ini dipaksa home schooling oleh ayahnya untuk menghindari pertemuan dengan mamanya (Maia). Kasian banget ketiga anak ini.

Intinya dari postingan ini adalah bahwa sebenarnya kita tidak bisa dan tidak boleh memaksakan si anak untuk menjadi seperti yang kita inginkan. Karena dalam psikologi disebutkan bahwa anak adalah makhluk yang unik. Tidak ada kelebihan dan kekurangan dalam diri anak, yang ada hanya keunikan.
Berkaca dari ilustrasi kisah Al, El, dan Dul, ketiganya sudah dengan amat sangat jelas mengatakan bahwa mereka ingin jadi pemain bola, tapi malah disuruh main musik. Sudah jelas-jelas mereka ingin sekolah biasa tapi masih dipaksa home schooling. Ini tentunya sangat berbahaya bagi perkembangan dan kreativitas si anak. Mereka menjadi korban dari perseteruan dan keegoisan orang tuanya sendiri.
Semoga kisah ini tidak dialami oleh anak-anak bangsa Indonesia, sehingga kita dapat melihat anak-anak yang tumbuh menjadi manusia-manusia yang cerdas, kreatif, dan tangguh.

Postingan ini juga aku dedikasikan untuk anakku Aksan yang lebih memilih menggambar dan sains ketimbang main drum atau main bola seperti yang kuinginkan.  Apapun yang Aksan inginkan, asalkan untuk kebaikan, InsyaAllah ayah dan bunda dukung dengan sepenuh hati.

Selamat Ulang Tahun ke-8.

Semoga menjadi anak yang berbakti kepada Nusa, Bangsa, Agama, dan kedua orang tua. Wish u All the best, Boy..

Written by bang fiko

April 16, 2009 pada 5:07 pm

32 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. pertamaxxx… lanjut..

    bang fiko

    April 16, 2009 at 4:17 pm

  2. wah betul niih..anak emang nga boleh tu di exploitasi..hidup dah bg taufik…

    taufikasmara: Bambang dari kemarin asik hidup Bang topik aja… Hehehehe bisa jadi jurkam nih.

    bambang

    April 16, 2009 at 4:21 pm

  3. sangat setuju
    salam hangat
    selalu

    taufikasmara: Siiip…

    bluethunderheart

    April 16, 2009 at 4:42 pm

  4. stoooooooooooooop… hentikan…. jangan teruskan….😀

    taufikasmara: Kalimatnya kayak orang diapain gitu hehehehe

    indra putu achyar

    April 16, 2009 at 6:40 pm

  5. ah si ahmad dhani mah tukang bikin sensasi
    keceriaannya di depan tivi tuh seperti kamuflase dibuat-buat
    kasian ma anak-anaknya

    taufikasmara: Itulah Bang… Kasian kali

    attayaya

    April 16, 2009 at 6:57 pm

  6. anak ya tetap anak-anak…..
    biarkan mereka menjadi apa pun, asalkan menjadi manusia yang bermanfaat. iya gak pak🙂

    taufikasmara: Iya bang… Suai

    sibaho

    April 16, 2009 at 7:38 pm

  7. hmm.. mungkin aku agk beda nie pak [ato mas ya..]!?
    emang sih bner dhani nyruh mreka ngeband, tp ntar klo dh wktunya tpat dhani dh jnji akn mmasukkan AL, EL n DUL k klub bola eropa!?
    klo yg home skuling saya msih blum dpt kbarnya.. mklum, jrang liat tipi!? hehehe..
    pak, mksudny ‘jelek dri ssi atitudny’ tu yg sperti ap?? skli lgi mklum.. saya BALADEWA, jd agk sensi dkit.. hihihi..

    taufikasmara: Masukkan anak ke klub bola eropa emangnya gampang? Tapi kalo anak dikurung di rumah aja, dimana mo latiannya?

    robi

    April 16, 2009 at 9:06 pm

  8. setuju pak, emang tidak sepantasnya jika anak sampai diexploitasi.
    exploitasi anak adalah perbuatan dzalim.

    taufikasmara: Dzalim dan pengecut. Masa beraninya sama anak2 aja… Iya gak?

    unduk

    April 16, 2009 at 9:28 pm

  9. Happy Birthday ya Aksan, semoga panjang umur, murah rezeki, jadi anak sholeh dan pintar, amin. Salam kenal dari Zidan, sama tuh, dia juga seneng gambar, Gravity alias corat coret sesuka hatinya…hehehee…

    taufikaamara: Salam kenal kembali, Zidan… Makasih ya Bunda.

    h35ti

    April 16, 2009 at 10:44 pm

  10. Membaca postingan ini aku jadi tahu gimana cara mengarahkan anak, beri dia kebebasan tp tetep diawasin. Begitu kan Mas maksudnya?

    Bdw, iku ngucapin happy B’day buat Aksannya, semoga kelak ia menjadi anak yg berbakti pada orang tua, amin.

    taufikasmara: Bener banget… Makasih ya Bro

    Semut

    April 16, 2009 at 11:49 pm

  11. selamat HUT buat Aksan… semoga menjadi yg terbaik dan kebanggaan Ortu

    taufikasmara: Thx Max

    max

    April 16, 2009 at 11:51 pm

  12. Malam Bang Fiko🙂

    taufikasmara: Siang Pak guru

    oqblog

    April 17, 2009 at 2:36 am

  13. Al El Dul
    tapi keren koq musiknya🙂

    taufikasmara: Maennya sih keren, tapi gak pake hati kayaknya.. Sayang

    redaksi

    April 17, 2009 at 4:44 am

  14. pertama kalinya ke blog mas taufik disuguhi postingan yang asik…waah…kok gak bilang2 klo mas taufik itu wokeh hahaha *gw nya aja kale yg lugu n katro*

    mas taufik..emang bener sih..kadang2 banyak ortu yg mau mengikuti keinginan mrk drpd anak2 mrk, mungkin krn mrk pikir anak2 msh blon ngerti jalan kedepannya. semoga nanti klo aku dikasih Tuhan anak, aku akan bijaksana dlm menentukan masa dpnnya

    oiya…selamat ultah jg buat Aksan..semoga mjd anak yg berguna bagi keluarga…wah senang gambar ya? bs jd arsitek doong…

    taufikasmara: Halah… bisa aja Mbak.. Win-win solution dengan anak.. Dengarkan pendapat dan keinginannya, beri pengertian. Gitu kali…
    BTW makasih ya, Mbak

    linda belle

    April 17, 2009 at 12:07 pm

  15. wew..emang berat kalo bersangkutan ama artis mbekkk itu..

    taufikasmara: Semoga dia dapat pencerahan. Hehehehe

    Andre

    April 17, 2009 at 12:37 pm

  16. siapa sih yang komen pertama tuh

    taufikasmara: gak tau juga nih… Hehehehe

    attayaya

    April 17, 2009 at 3:11 pm

  17. kasian ya ama ketiga anaknya admad dhani. dia mo bikin anaknya arogan kayak dia tu bang fiko.
    Tapi lucu juga ya denger sebait lirik lagu mereka, ketauan banget tuh si dhani boong. hehheh malah gosipin dhani seh

    Udah ah mo ngucapin Selamet Ulang Tahun buat Aksan. Dekatkan dulu dia dengan agama bang, insyaAlloh besok-besok senang hidupnya Amin

    Maaf ya kayak menggurui jadinya, padahal blom punya anak hihihi

    taufikasmara: Pasti donk kalo agama Non.. Aku masukin ke sekolah islami dan alami di Pekanbaru. Alhamdulillah perkembangannya masih positif. Makasih ya…

    dwina

    April 17, 2009 at 6:30 pm

  18. bang si robi sapa tuh? gatel nih tangan pengen pencet aja dhani kok di idolain? tapi aku blom kenal ma dia.

    taufikasmara: Kenalan aja dulu… Kunjungi blognya. Hehehe. Setiap orang kan punya ketertarikan yang berbeda-beda terhadap sesuatu hal. Alami koq tuh. Biarin aja

    dwina

    April 17, 2009 at 6:37 pm

  19. keluar deh bapaknya,hehehe

    taufikasmara: Kasian aku ngeliat tiga anak itu Jeng.. Apalagi diekspos media. Akan berpengaruh jelek ke psikologi mereka tuh kayaknya

    JengSri

    April 17, 2009 at 7:50 pm

  20. Selamat ULTAH tuk Aksan….mudah2an ntar klo dah gede bisa jadi penggede…Amien……

    taufikasmara: Makasih Prof.. BTW sekarang aja badannya udah gede… Nyaingin bundanya.. Hehehehe…

    IjoPunkJutee

    April 17, 2009 at 7:54 pm

  21. bang mumpung lagi oline saya mo nanya gimana caranya tuh masang jawaban dari komennya temen kek yang punya abang. ada yg komen trus abang jawabnya di bawah komen temen itu.

    taufikasmara: Udah langsung dibalas diblogmu. BTW ini kan WP bukan blogspot.. jadi aku gak bisa bantu dirimu… Maafkan ya… Tapi enak ya bisa bikin kayak gini (wakakakaka… Dwina ambil letop eh selop untuk nimpuk)

    dwina

    April 17, 2009 at 8:50 pm

  22. eh kok bisa nyasar ke blog ku??? hehhehehe kali pertama, salam kenal..😀

    taufikasmara: Ga apa kan nyasar kalo akhirnya kita berteman? Hehehehe salam kenal kembali

    ea

    April 18, 2009 at 9:44 am

  23. selamat ulang tahun aksan… semoga panjang umur dan bahagia bersama keluarga yang pada baik,
    kalo ayahnya nyuruh main bole, jangan mau yak, karna kan aksan suka menggambar… huehehehehe

    taufikasmara: Dah capek ngajak dia main bola, ngeliat orang main bola, sampai ngajakin begadang nonton bola, hasilnya nol.. hehehehe… gak bakal dipaksain.. Nyante aja.. paling mempengaruhi dikit-dikit… Tanpa paksaan lho ya…

    indra putu achyar

    April 18, 2009 at 9:54 am

  24. klo ktany bung Dhani sih ank2ny msih blum siap buat maen bola.. mskpun sbnre shrusny mla dri kcil!?

    taufikasmara: Yaiyyalah.. masa mau ikut liga eropa belajarnya pas di eropa.. Kan pake seleksi.. Gimana mau lolos kalo gak dilatih dari sekarang.

    robi

    April 18, 2009 at 10:00 am

  25. ok kopdar

    attayaya

    April 18, 2009 at 11:15 am

  26. itulah..kadang sbg ortu kita merasa tahu apa yg terbaik buat anak tp ternyata sebaliknya.

    pertama kali datang kesini, tp langsung fall in love ama blog nya..salam.

    taufikasmara: Egonya orang dewasa tuh, Mbak.. BTW gak fall in love sama yang punya blog kan? Wakakakaka…

    kenny

    April 18, 2009 at 12:35 pm

  27. STOOOP kasian tuh anak-anak!!!

    taufikasmara: Kirain distop polisi tadi.. Soalnya teriaknya kenceng banget.. Hehehe

    antaresa

    April 18, 2009 at 9:01 pm

  28. KOPDAR-an kemaren gimana pak ketua?
    Sorry…Hujan di arengka memperkosaku…niatan datang jadi terhalang….

    taufikasmara: Aku juga telat datang karena ada keperluan mendadak. Tapi Alhamdulillah masih tetap terlaksana walaupun tidak banyak yang bisa hadir.

    IjoPunkJutee

    April 19, 2009 at 3:45 pm

  29. Betul Fik ..biarkan anak-anak tumbuh dan berkembang dengan cara yang wajar … semua ada waktunya …

    taufikasmara: Suai Bang

    abang

    April 19, 2009 at 5:29 pm

  30. Sepertinya postingan anda ini terlihat sekali bahwa anda sangat tidak suka dengan ayah mereka yaitu si musisi jenius ahmad dhani…anda terlihat sekali memperhatikan kata demi kata yang diucapkan anak-anak dalam setiap detil percakapan mereka di media…dan anda pendukung maia ya…itu juga terserah anda, dan soal penampilan al el dul, tentang mereka mau jadi pemain sepakbola ataupun jadi musisi itu juga bukan urusan anda, lebih baik anda ngurusin anak anda sendiri saja. Dan nyatanya al el dul telah mencuri perhatian banyak pemirsa lewat band mereka, apapun tentang mereka selalu mencuri perhatian khalayak umu, termasuk anda sendiri kan? (buktinya anda dengan mendetail bisa menceritakan setiap perkataan anak-anak itu..he..he..he..)

    nena

    April 22, 2009 at 2:37 pm

  31. setuju mr/s nena sebetulnya home schooling juga pasti lebih pinter dari anak2 anda yg koment mmiring. dia lebih berani. biasanya org dikurung di rumah ngga berani tampil. tapi mereka berani dan bisa tampil luar biasa dan hebatkan… pokoknya mau diapain mereka pasti lebih hebat dari anak2 kalian…(BUKTIKAN).. mengenai lagu. lagu itu bebas bisa nyata ataupun cuma karangan belaka.. yang penting enak di denger bagus musiknya… apa kalian bisa bikin lagu dan bisa sehebat ahmad dhani (d`best musision)pikiir dulu kalo ngomong jangan asal njeplak ngomongin orang… lihat diri sendiri dulu… loe bisa apa… kalo loe lebih bagus atitudnya buktikan… coba tes dulu mental loe…

    bonjol

    April 25, 2009 at 3:46 pm

  32. al kamu main musik di ajarin cp cich.gua penesaran banget.

    riza

    Juni 28, 2009 at 3:55 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: