…berbagi cerita untuk semua

KARTINI-KARTINI BLOGOSPHERE

with 18 comments

kartini

Siapa yang tidak kenal dengan Kartini?

Dulu waktu masih duduk dibangku sekolah dasar, lagunya selalu kita nyanyikan dalam pelajaran kesenian.  Hayo nyanyi lagi sekarang…

Ibu Kita Kartini..

Putri Sejati

Putri Indonesia

Harum Namanya

Hayo yang sebelah kiri suaranya lebih keras….

Ulang lagi ya… yang kompak… 1.. 2.. 3..

(Udah ah… serius lah Bang Fiko…)

Ok.. tapi harap dibaca baik-baik karena nanti diakhir ada pertanyaan berkaitan dengan bacaan. Emangnya ini UAN apa? Hehehehe…

Perempuan yang lahir di sebuah daerah bernama Jepara, 21 April 1879. Walaupun Kartini berasal dari keluarga bangsawan, trnyata kehidupannya tidak layak untuk disebut bangsawan.  Keinginannya yang tinggi untuk bisa menikmati pendidikan layaknya laki-laki pada jaman itu tidak bisa diwujudkan karena kebudayaan yang ada saat itu. Setelah umur 12 tahun ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit.

Namun ternyata semangat Kartini untuk terus mengejar cita-citanya tidak pernah pudar. Raga terkekang namun jiwa dan fikiran tidak!

Perhatiannya tidak hanya semata-mata soal emansipasi wanita, tapi juga masalah sosial umum. Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas.

Dan sekali lagi, perjuangannya mendapat hambatan keras dari kedua orang tuanya.

Oleh orangtuanya, Kartini disuruh menikah dengan bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka. Anak pertama dan sekaligus terakhirnya, RM Soesalit, lahir pada tanggal 13 September 1904. Beberapa hari kemudian, 17 September 1904, Kartini meninggal pada usia 25 tahun. Kartini dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang.

Berkat kegigihannya Kartini, kemudian didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912, dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini“. Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis.

Beralih ke masa sekarang, Bukan emansipasi lagi yang harus diperjuangkan oleh kaum perempuan. Tapi bagaimana memanfaatkan emansipasi yang telah diperjuangkan oleh Kartini lebih dari seabad lau itu untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi negeri ini.

Di dunia Blogosphere, dunia kita yang tercinta ini, tidak perlu ada lagi perdebatan tentang emansipasi, karena banyak sekali kartini-kartini blogosphere yang mampu memberikan pencerahan dan inspirasi baik untuk kaum perempuan sendiri, bahkan untuk kaum laki-laki sekalipun.

Di hari Kartini ini, aku ingin memberikan penghargaan kepada para Kartini-Kartini Blogosphere yang telah memberiku inspirasi, pengetahuan, pencerahan dan persahabatan. Tidak ada PR di penghargaan ini.. (maaf untuk Bang Sibaho yang memberikan aku award ini, rulenya tidak aku posting. dan maaf juga untuk yang mendisain award ini juga). Penghargaan ini murni untuk para perempuan yang dengan tekun berbagi untuk kebaikan dengan segenap manusia di blogosphere.

Dan para Kartini itu adalah:

Dwina, The Girl from zero to hero

Fanny, Perempuan yang selalu bercerita

Jeng Sri, dengan klinik psikologinya

Bunda Zidan, Regie, Sesri, para Kartini Bertuah

Dian Sastro, Yang ini “Bang Fiko banget”

serta beberapa blogger yang pernah mampir kesini, memberikan komentarnya dan blognya juga selalu update, seperti:  Linda Belle, balisugar, Mbak Yum, dan Neg Aia.

Mereka adalah blogger-blogger perempuan yang menyempatkan diri untuk mengupdate blognya dengan postingan-postingan menarik dan berisi. Saya yakin masih banyak Kartini-kartini Blogosphere yang eksis dengan blognya di Indonesia ini. Hanya nama-nama itu yang bisa saya anugrahkan award ini, karena mereka pernah menjejakkan kaki di sini, dan jejaknya masih tersimpan di sini.

Ini dia Awardnya

blogger-inspiration1

ma-friendship-award

blogger-friendship1

Tulisan disunting sekedarnya dari Wikipedia Indonesia.

Dan sekarang sampai ke sesi pertanyaan. “Siapakah nama Putri Indonesia sebenarnya?”

Jawaban dikirim via sms dengan cara ketik REG spasi KARTINI… Halah gak penting amat… Coret ya.. Jawaban dikirim via sms dengan cara ketik REG spasi KARTINI .

Salam hangat untuk semuanya.

Written by bang fiko

April 21, 2009 pada 12:00 pm

Ditulis dalam AWARD, SPESIAL

Tagged with , ,

18 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Trims Awardnya saya nanti kasih backlink kesini yah ! Berhubung saya gak lagi bikin Award, yang penting backlink kan ? Tunggu di postingku berikut yah🙂

    taufikasmara: Gpp koq, Mbak.. Ditunggu deh

    Balisugar

    April 21, 2009 at 12:28 pm

  2. tks ya utk awardnya jadi terharu nih. selamat hari Kartini juga deh.

    taufikasmara: cup cup cup… jgn nangis ya Mbak🙂

    fan

    April 21, 2009 at 12:30 pm

  3. makasih mas taufik awardnya…saya udh trima sih hahahah

    oiya selamat jg dpt awardnya…

    taufikasmara: Hehehehe.. gpp deh… menuhin lemari pajangan award. Hehehehe…

    linda belle

    April 21, 2009 at 1:53 pm

  4. makasih pak ketua atas awardnya….semakin menyemangatkan para ibu2 blogger nih…Selamat hari Kartini ya buat semua para wanita, terutama blogger wanita….be proud as a woman !!

    taufikasmara: Selamat hari kartini juga Bunda… Caio!

    h35ti

    April 21, 2009 at 2:19 pm

  5. Waaahhh..jadi terharu. Makasih ya Pak Ketua atas awardnya…award pertama yang aku terima…:D
    Selamat Hari Kartini buat semua…..

    taufikasmara: Keep blogging ya, Non..

    sesri

    April 21, 2009 at 3:13 pm

  6. Semoga mereka bertahan lama sbg blogger..

    taufikasmara: Semoga abadi…

    Hendrawan

    April 21, 2009 at 4:13 pm

  7. ketua,,,,,,,,,,,,,,maksih banyak..gie menjemput awardnya..moga awardnya muat di parikek.
    ketua emang bisa mengerti wanita..dan wanita tentu nya senang bisa di mengerti…..
    semoga wanita dan kaum pria bisa hidup rukun,hidup berdampingan,saling berbagi dan saling mengerti…dan bisa memahami….

    hidup ketua…….hidup ketua..(kayak kompanye aja)heheheh

    taufikasmara: Sepertinya cuma ADA Band yang mengerti wanita, Gie.. Hehehehe…
    BTW dimuat2in aja di blognya ya..

    regie

    April 21, 2009 at 4:48 pm

  8. Terima kasih Pak Ketu atas Award kuerennya..untuk para blogger Perempuan.

    Mereka adalah blogger-blogger perempuan yang menyempatkan diri untuk mengupdate blognya dengan postingan-postingan menarik dan berisi…( isinya konde, bedak doris, gincu merk mirabella, ama stoking…)

    Kekekeke…Merdeka!!!!!…eh salah… Selamat Hari Kartini dan Kartono.

    taufikasmara: Wakakakaka… Iklan nih Mbak Yum… Bayar spot donk

    Yumaima

    April 21, 2009 at 8:47 pm

  9. Artikel yang mengingatkan saya pada pelajaran sejarah waktu kecil dulu.

    Kompli! Makasih.

    taufikasmara: Sekedar berbagi info untuk penyegaran.. Hehehe…
    Salam kenal

    rco

    April 21, 2009 at 8:53 pm

  10. dimana-mana membicarakan kartini.

    Kartini memang harum namanya

    taufikasmara: Kartini atau Harum sih namanya? hehe

    antaresa

    April 22, 2009 at 7:59 am

  11. Mengunjungi Keluarga besar Blogger Bertuah…..Blog bertuah Ganti Muka…

    taufikasmara: Wahhh siapa tuh dokter Face Off nya?

    Maryo

    April 22, 2009 at 8:59 am

  12. selamat ya yang mendapatkan Award , moga tetap semangat dan berkarya terus . oke

    taufikasmara: Yup, Bro…

    kawanlama95

    April 22, 2009 at 3:26 pm

  13. Maaf, kemaren ga’ bisa hadir. Saya ada keperluan lain. Sekali lagi mohon maaf pak ketua…

    taufikasmara: Berdiri di pojok. Angkat kakinya satu dan pegang telinganya… Hehehehehe

    Tengku

    April 22, 2009 at 7:49 pm

  14. wah kartini banget nih…ingat besok tanggal 25 hari kartolo tuh bg..:D
    blog lagi maintanance

    taufikasmara: Caio! Semangat ya, Mbang

    bambang

    April 22, 2009 at 10:43 pm

  15. selamat buat para kartini di dunia maya, semoga di dunia nyata mereka juga eksis….

    taufikasmara: Semoga aja, Mas.. Tapi sepertinya dari isi postingan-postingannya, mereka juga eksis di dunia nyata.

    suryaden

    April 23, 2009 at 5:55 am

  16. makasih mas taufik atas awardnya.. sudah pernah dapet sih.. but saya sgt menghargai dikau masih mengingat diriku ini :))

    taufikasmara: Aku akan berusaha untuk selalu mengingatmu eh salah… maksudnya mengingat teman-teman yang sudah mampir kesini. Udah gak sedih lagi kan Ai?

    neng aia

    April 23, 2009 at 11:19 am

  17. bang fiko makasih ya kebagian awardnya. tapi maaf ya bang, awardnya udah win pajang di blog win. mbak fanny yang ngasih.
    ntar kalo ada lagi yang laen kirim aja ke wina yah. InsyaAlloh win pajangin di blog win.

    taufikasmara: Gpp, Win… Ikhlas koq ngasihnya.

    dwina

    April 23, 2009 at 6:16 pm

  18. Ha..ha…namanya “Harum” pak…….salam kenal…tulisan-tulisan anda menarik…salam sukses juga…

    taufikasmara: Yup benar sekali… Salam kenal kembali dan sukses juga untuk Anda

    ririnwulandari

    April 24, 2009 at 1:30 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: