…berbagi cerita untuk semua

EMAIL SUBSCRIBER

with 9 comments

Beberapa waktu lalu aku subscribe email di sebuah blog yang menurutku setiap tulisannya selalu menarik untuk dibaca. Tulisan-tulisannya yang tidak panjang namun juga tidak pendek, selalu membahas cerita di balik peristiwa, rasanya sangat sayang untuk dilewatkan. Selalu ada cerita baru yang kita dapatkan setiap membaca postingannya. Sehingga tak heran jika banyak komentar di blognya yang menyarankan agar tulisan-tulisannya dijadikan buku. Itulah pada akhirnya kenapa aku memutuskan untuk berlangganan tulisannya via email, karena tak mau ketinggalan tulisan-tulisannya.

Semenjak itu, setiap postingan baru di blognya, aku otomatis dapat membacanya via email. Namun timbul permasalahan dalam diriku, karena ternyata, setelah membaca postingannya lewat email, aku jadi agak malas mengunjungi blognya. Kenapa? Karena aku sudah bisa membaca tulisan-tulisan di blognya, jadi waktu yang biasanya aku sisihkan khusus untuk mengunjungi blognya jadi aku pergunakan untuk BW ke blog lain.

Apakah aku menghianati kesetiaanku sebagai pembaca setia blognya? Bukankah aku masih setia membaca postingannya walaupu aku tak mengunjungi blognya?

Aku jadi mempertanyakan fungsi dari email subscriber di blog kita. Apakah itu menunjukkan kesetiaan kita terhadap blog yang kita ikuti, atau justru menumbuhkan perasaan malas karena toh kita dapat membaca tulisannya tanpa mengunjungi blognya.

Kemudian ada yang berkomentar, bukankah kita akan tetap mengunjungi blognya untuk berkomentar? Dan jawabanku, ternyata dengan adanya email yang rutin kita terima itu, kebiasaan berkomentar pun jadi ikut terpengaruh malas.

Semoga ini hanya kasus yang terjadi di diriku saja, dan semoga aku dapat mengatasinya. Sehingga fungsi email subscriber itu tetap tidak membuat orang malas mengunjungi blog kita.

Blog yang aku ikuti itu adalah blog ketua Pesta Blogger 2009, Iman Brotoseno. Buat Mas Iman, maaf karena sekarang jadi jarang mengunjungi blognya.

Written by bang fiko

Mei 18, 2009 pada 7:01 am

Ditulis dalam blogger, PERSONAL

Tagged with , ,

9 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. hm.. tergantung kitanya si bg… kadang untuk email subsriber bisa juga dikasi separoh tulisan,,,, namun dgn berlangganan via email.. kita bisa membaca tulisan blog sahabat dimanapun, karena bisa di buka di hp klu ga salah.. jadi klu ga bawa laptop kan bisa tuh.. dan lebih ringan..dan hemat…
    spengetahuan saya sperti itu bg..

    wisata riau

    wisata-riau760

    Mei 18, 2009 at 10:41 am

  2. Hahaha,,,, Itu gak melanggar kesetiaan koq

    Laksamana Embun

    Mei 18, 2009 at 11:44 am

  3. mas, pamit dulu yah, mau hiatus

    babay!

    neng aia

    Mei 18, 2009 at 9:15 pm

  4. bener tuh bang. makanya aq gak terlalu minta mensubscribe via email tulisan orang. Ada sih 1 yang aq subscribe via email, itu karena gak ada cara lain utk tau updatan blognya. Makanya aq sarankan buat kita supaya layan feed itu hanya diberikan summary nya aj, supaya pengunjung tetap rajin mengunjungi. Aq biasanya memfollow org lewat GFC, sayangnya itu cuma ada utk blogspot. aq cuma bisa tau headline nya aj, jadi aq harus mengunjungi blog yang aq follow utk bisa membaca postingannya

    BANDIT BATAK

    Mei 18, 2009 at 11:05 pm

  5. biasanya kalo via email kan cuma summary-nya aja fik….
    mungkin settingan feed mas iman itu full post bukan summary, jadinya ente bisa mbaca seluruh isi konten post.
    soal mo ngunjungin atau gak dan ngasih komen atau gak di blog org lain, tergantung ego masing-masing org itu:)
    good posting….

    Mike

    Mei 19, 2009 at 9:38 am

  6. aku mo pasang gituh gak punya fans bang.

    JengSRI

    Mei 19, 2009 at 7:38 pm

  7. Saya kira tergantung dari tujuan kita ngeblog, kalau tujuan kita ngeblog adalah untuk promosi, saya kira lewat email juga tidak masalah. Yang penting tujuan awal tercapai, yakni promosi.

    Memang sih, kalau berkunjung akan lebih afdol🙂, selain membaca postingan juga berkaitan sama traffic ya sob.

    Seno

    Mei 20, 2009 at 1:39 am

  8. Ha ha..mau email, mau siaran langsung, mau kunjungan on the spot ..semua silahkan.
    nice post !

    Iman Brotoseno

    Mei 20, 2009 at 8:40 am

  9. Makasih ya, Mas…

    bang fiko

    Mei 20, 2009 at 2:08 pm


Tinggalkan Balasan

